fbpx

Mengenal Istilah-Istilah dalam Dunia Pastry, Melibatkan Lidah dalam Kelezatan

seorang baker sedang menggiling adonan, berikut istilah-adonan-dan-saus-dalam-pastry

Mungkin bagi beberapa orang yang baru terjun ke dalam dunia baking masih merasa asing dengan beberapa jenis istilah adonan maupun saus yang dijumpai pada buku resep bahan masakan maupun video tutorial. Bahkan seringkali tidak paham mengenai hal tersebut.

Dibalik setiap kue lembut dan pastry yang memikat, terselip sekumpulan istilah yang menggambarkan seni dan keahlian di dapur. Mari kita pelajari lebih dalam mengenai dunia pastry dengan mengenal beberapa istilah yang merangkum kelezatan dan keindahan di balik setiap gigitan.

1. Pâte Brisée

Pâte Brisée adalah istilah Perancis yang merujuk pada adonan pastry yang digunakan untuk membuat crust atau kulit pada kue dan pai. Adonan ini umumnya terbuat dari tepung terigu, mentega, air, dan sedikit garam.

2. Ganache

Ganache adalah campuran krim dan cokelat yang meleleh, menciptakan saus yang kental dan lembut. Digunakan sebagai lapisan atau hiasan dalam berbagai kue dan karya pastry lainnya.

3. Choux Pastry

Choux pastry merupakan adonan yang mengembang saat dipanggang, menciptakan struktur berongga di dalamnya. Digunakan untuk membuat kue sus, éclair, dan karya pastry berisi.

4. Mille-Feuille

Mille-Feuille, atau Napoleon, adalah kue Prancis yang terdiri dari lapisan-lapisan adonan puff pastry dan krim. Nama “Mille-Feuille” berarti “seribu lapis” dalam bahasa Prancis, merujuk pada struktur kue yang tipis dan banyak lapisan.

5. Sabayon

Sabayon adalah saus yang terbuat dari kuning telur, gula, dan anggur atau cairan lainnya. Sering digunakan sebagai hiasan atau lapisan pada berbagai kue dan dessert.

6. Croquant

Croquant adalah lapisan renyah yang umumnya terbuat dari kacang-kacangan dan karamel. Digunakan untuk memberikan tekstur yang menarik dalam kue dan dessert.

7. Coulis

Coulis adalah saus buah atau sayuran yang dicairkan dan disaring, menciptakan tekstur halus. Digunakan sebagai hiasan atau saus pada piring dan kue.

8. Macaron

Macaron adalah kue kecil berbentuk bulan sabit yang terdiri dari dua cangkir almond yang dipanggang dan diisi dengan ganache atau selai. Terkenal karena warna-warna cerah dan rasa yang lezat.

9. Praliné

Praliné adalah campuran antara kacang-kacangan (biasanya almond atau hazelnut) yang dipanggang dan dilapisi dengan gula karamel. Digunakan dalam berbagai bentuk dalam pastry, termasuk dalam pembuatan praline paste.

10. Puff Pastry

Puff pastry, atau adonan puff, adalah adonan yang mengembang secara dramatis saat dipanggang, menciptakan lapisan-lapisan tipis yang lembut dan renyah. Digunakan dalam berbagai kue dan pastry.

Kesimpulan

Dengan mengenal istilah-istilah ini, kita dapat lebih memahami kompleksitas dan keindahan dunia pastry. Dapur menjadi panggung di mana koki pastry menciptakan seni lezat dengan menggabungkan bahan-bahan dan teknik-teknik yang istimewa. Setiap istilah menyimpan cerita dan keunikan sendiri, mengajak kita untuk mengeksplorasi lebih dalam ke dalam dunia manis yang memanjakan lidah.

Anda tertarik untuk terjun sebagai seorang pastry? Jangan lupa untuk terus memperdalam dan memastikan kualifikasi kompetensi commis pastry yang anda miliki sudah terjamin. Mengikuti sertifikasi barista di Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Jana Dharma Indonesia adalah langkah strategis untuk meningkatkan profesionalisme dalam dunia pastry.

Tidak hanya membuka pintu peluang karir yang lebih luas, tetapi juga memperkuat kredibilitas dan memberikan akses ke jaringan profesional yang berharga. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk mengembangkan keterampilan Anda dan mengambil langkah menuju kesuksesan dalam industri pertunjukan yang dinamis ini.

WhatsApp : +62 812-1501-7975
Telp : 0274 543 761 (Ninda)
Instagram : @jana_dharma_indonesia
Email : lspp.janadharmaindonesia@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas