fbpx

Direktur Akpar: Ada 3 Tahap Meningkatkan Kualitas SDM Pariwisata Makassar

Sertifikasi Kompetensi Pariwisata -Puluhan pelaku dan pemerhati pariwisata Makassar mengadakan Forum Group Discussion, Jumat (15/11/2013) di Hotel Sahid Makassar. Forum ini membahas tentang perkembangan pariswisata ke depannya. Puluhan peserta ini merupakan dosen sekolah tinggi pariwisata, dan juga dari kementrian pariwisata.Mereka membahas langkah yang diambil dalam perkembangan pariwisata. Perkembangan ini harus dimulai dengan pembentukan sumber daya manusia yang handal. Pembentukan SDM ini ada 3 tahap yang harus dilakukan dan dicermati dengan baik. Tahap input, proses dan juga output. Direktur Akademi Parawisata (Akpar) Makassar, Komang Mawira, mengatakan, dari ketiga tahap tersebut harus dilakukan secara komprhensif. Diawali dengan tahap input penyeleksian mahasiswa. Tahap ini harus dilakukan sesuai dengan standar prosedur yang dilakun. Agar memeperoleh bakal pelaku pariwisata yang handal di bidangnya. “Proses perekrutan mahasiswa harus kompetitif. Jangan hanya melihat kuantitas, namun yang didepankan adalah kualitas. Agar nantinya mendapatkan mahasiswa yang siap didik dan berproses nantinya,” jelas Komang, Jumat (15/11/2013).Setelah tahap perekrutan, barulah tahap proses dilakukan. Proses ini akan mengacu pada kurikulum dan silabus kepariwisataan. Tentunya juga harus didukung dengan fasiltas yang memadai.

“Dengan begitu keluaran dari sekolah tinggi pariwisata dapat bersaing dan terpakai di dunia kerja,” tambah Komang.

Tentunya demi perkembangan lembaga pendidikan, kerja sama antar pihak juga perlu dilakukan. Ini agar terjadi saling interaksi ataupun saling membantu dalam hal perkembangan lembaga pendidikan.

Kerja sama ini dapat dilakukan dalam dilakukan antar lembaga pendidikan tinggi pariwisata. Penerimaan mahasiswa, kuliah lanjutan, penggunaan fasilitas, pertukaran dosen dan mahasiswa, praktik mahasiswa, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan sertifikasi kompetensi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *