Dinpar DIY bekerjasama dengan LSP Pariwisata DIY, Ujikan Pelaku pariwisata di Sektor Perjalanan Wisata

uji kompetensi BPW Dinas Pariwisata DITDalam rangka mempersiapkan SDM di bidang perjalanan wisata, LSP Pariwisata DIY bekerjasama dengan Dinas Pariwisata DIY lakukan uji kompetensi bagi pelaku wisata di sektor perjalanan wisata (5 Mei-12 Mei 2015). Kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan SDM yang berkualitas dan diakui dari sisi kompetensinya dan berlangsung selama 8 hari dan diikuti oleh 25 peserta yang berasal dari travel agent anggota ASITA. Skema yang diujikan untuk bidang ini meliputi skema tour planner dan tiketing. LSP pariwisata pada kesempatan ini melibatkan 6 assesor kompetensi untuk kedua bidang tersebut.

Hairullah Gazali, Direktur Eksekutif LSP Pariwisata DIY menyampaikan bahwa tren perjalanan saat ini yang berubah mendorong beberapa pelaku industri perjalanan untuk semakin memperkuat SDMnya agar menjadi lebih baik dan mampu bersaing. Keberadaan online travel mau tidak mau memotong rantai distribusi antara konsumen ke produsen,  yang dulunya konsumen melalui perantara (travel konvensional) saat ini konsumen dapat mengakses langsung ke hotel dan daya tarik. Fenomena ini mendorong banyak pelaku wisata untuk mulai berpikir secara sistematis untuk mengembangkan usaha dan SDMnya termasuk mempersiapkan pelaku yang kompeten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>