LKP Anak Bangsa Wonosobo Lakukan Uji Kompetensi Lulusannya

Uji Kompetensi | LSP Pariwisata

Hari 1 PKT WonosBertempat di LKP Anak Bangsa Wonosobo 6-7 Januari 2015, LSP Pariwisata Cabang DIY lakukan uji kompetensi untuk 25 orang siswanya untuk skema sertifikasi bidang comercial catering klaster cook.  Kegiatan ini merupakan kegiatan reguler yang dilaksanakan oleh LKP Anak Bangsa Wonosobo bekerjasama dengan LSP Cabang DIY. “Ini merupakan tahun ketiga, kami bekerjasama dengan LSP Pariwisata”, kata  Sukarso, SP. Pimpinan LKP Anak Bangsa Wonosobo. “Menjadi penting bagi kami, siswa-siswa kami tetap mendapatkan pengakuan lain selain sertifikat kelulusan yang kami berikan”, “Apalagi saat ini Era Pasar Bebas, kita harus siap bersaing dengan tenaga kerja asing, dimanapun lokasi kita saat ini”, “Dari hasil penelusuran alumni kami, lulusan kami yang bersertifikat kompetensi dan yang belum bersertifikat kompetensi memang relatif berbeda ketika berada di pasar kerja”  tegas Sukarso.

Direktur Eksekutif LSP Pariwisata Cabang DIY, Hairullah Gazali mengungkapkan bahwa pihaknya memang tidak hanya memberikan perhatian kepada tenaga kerja di sektor formal pariwisata saja, namun sektor informal pun menjadi perhatian LSP Pariwisata. Comercial catering merupakan sektor yang dapat menciptakan tenaga kerja. Apalagi yang dididik oleh LKP ini lebih berorientasi kepada wirausaha ketimbang bekerja dengan orang lain. Dengan mereka (red calon pengusaha/wirausaha) dibekali keterampilan yang memadai serta diberikan pengakuan dari LSP, pihaknya yakin daya saing produk dan daya saing tenaga kerjanya nanti akan berbeda. Dalam kesempatan ini LSP Pariwisata cabang DIY menerjunkan 2 orang assesor kompetensi dan 1 orang tenaga teknis untuk mendukung kegiatan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>