Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Bidang Jasa Boga (Download Disini)

chef decorating dessertSKKNI Jasa Boga | LSP Pariwisata | Uji Kompetensi -Standar kompetensi bidang industri jasa boga dirancang berdasarkan tuntutan perubahan kebutuhan pasar kerja, yang akan digunakan sebagai acuan untuk melatih dan mendidik angkatan kerja yang memiliki keterampilan, pengetahuan dan sikap kerja yang diperlukan oleh industri jasa boga. Pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan akan perubahan yang sangat cepat pada teknologi, cara kerja, tuntutan selera pelanggan, sosial, ekonomi dan lingkungan budaya baik secara nasional maupun internasional. Dengan adanya standar kompetensi ini, merupakan salah satu acuan agar lembaga pendidikan/pelatihan menghasilkan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan industri, serta lembaga sertifikasi profesi dapat melakukan proses sertifikasi melalui uji kompetensi dengan benar.

Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia yang selanjutnya disingkat SKKNI, adalah rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan / atau keahlian serta  sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Unit-unit yang terdapat dalam standar kompetensi ini dapat digunakan sebagai perangkat untuk membantu manajemen dan operasional di industri, antara lain:

  1. Pengembangan deskripsi pekerjaan berdasarkan kompetensi.
  2. Pengembangan Standar Operasional Prosedur.
  3. Pengembangan Standar Kesehatan dan Keselamatan Kerja
  4. Proses Assesemen (pengujian, pengetahuan, ketrampilan dan    sikap).
  5. Pengembangan jalur karir (jenjang jabatan).
  6. Pengembangan program pelatihan.

Standar kompetensi ini tersusun melalui proses penyusunan, konsultasi dan diskusi dengan para ahli / pakar antara lain dari Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJI) bersama stakeholder terkait serta masukan dari ahli, pakar yang telah berpengalaman. Tim penyusun standar kompetensi bertugas mengidentifikasi dan menganalisis pengetahuan, keterampilan dan sikap yang aktual yang diperlukan pada sektor industri jasa boga, yang dilanjutkan dengan proses pra konvensi dan konvensi untuk disepakati menjadi standard nasional.

Untuk keperluan pelaksanaan sertifikasi kompetensi bidang jasa boga melalui uji kompetensi, lembaga yang berwenang untuk melaksanakan sertifikasi tenaga kerja dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang ditunjuk berdasarkan ketentuan yang berlaku. Penyusunan Standar kompetensi bidang Industri Jasa Boga mempunyai tujuan yaitu pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bergerak dalam bidang keahlian Jasa Boga

SKKNI JASA BOGA (DOWNLOAD DISINI)

One thought on “Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Bidang Jasa Boga (Download Disini)

  1. Ina Djamhur

    Dear Sir/Madam,
    My name is Ina from Jakarta. I would like to know about competencies test for tourism professionals (not hotel). What training subjects do you organized? When, Where, How much?
    I look forward to hear from you soon.
    Thank you.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>