SKKNI Kepemanduan Arung Jeram (Download Disini)

arung-jeram-progoLSP Pariwisata | Sertifikasi Kompetensi Pariwisata-APEC TOSS (Asia Pasifk Economi Cooperation-Tourism Occupational Skill Standard) Pada tahun 2002 Forum kerjasama ekonomi Asia Pasifik Khususnya kelompok Kerja pariwisata (Tourism Working Group) telah menyusun suatu daftar kompetensi dalam bentuk Skill Standard  bagi sumber daya pariwisata. Skill Standar ini berisi daftar kompetensi berbagai unit kerja di bidang kepariwisataan yang dapat diadaptasi, diadopsi maupun diambil secara utuh untuk kepentingan masing-masing Negara anggotanya. APEC TOSS manjadi dasar bagi Negara anggotanya untuk mengembangkan Standar Kompetensi Nasional. APEC TOSS juga ditujukan untuk menjawab kritikan bahwa perdagangan yang bebas (Free Trade) seharusnya juga menampilkan sistem perdagangan yang adil (Fair Trade).

Pernyataan tersebut diatas yang menyebabkan salah satu alasan yang  mendorong percepatan penyusunan standar kompetensi kepemanduan wisata arung jeram secara nasional. Standar kompetensi dalam hal ini bukanlah bertujuan untuk penyeragaman, namun lebih diarahkan kepada peningkatan standar mutu industri yang terkait dengan kualitas profesi dalam memenuhi kebutuhan konsumen yang dalam hal ini adalah wisatawan. Harus ada ukuran yang diakui baik secara luas oleh industri, kolompok profesi, maupun konsumen untuk menjamin terselenggaranya kegiatan kepemanduan secara aman dan nyaman.

Pendekatan penyusunan SKKNI Pemandu Arung Jeram dilakukan dengan pendekatan kombinasi dimana pendekatan tersebut memadukan antara Adopsi dan Adaptasi serta mengacu pada standar Internasional Rafting Federation (IRF) dan dilakukan Survey lapangan. Sedangkan format yang digunakan adalah RMCS (Regional Model of Competency Standard).

Tujuan dari penyusunan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Pariwisata Bidang Kepemanduan Arung Jeram ini adalah sebagai berikut:

  1. Menyediakan Standar Kompetensi Kerja Nasional yang komprehensif  yang diperlukan oleh tenaga kerja/ calon tenaga kerja, industri, masyarakat umum dan pemerintah yang berkecimpung pada industri Arung Jeram.
  2. Sebagai acuan eningkatkan kualitas dan kapasitas SDM bidang Pemandu Arung Jeram
  3. Sebagai acuan dalam rekrutmen tenaga kerja untuk menjadi Pemandu Arung Jeram.
  4. Menyediakan dasar untuk menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan  yang tepat.

Sasaran dari penyusunan Standar Kompetensi Kerja Nasional ini adalah:

  1. Tersedianya Standar Kompetensi Kerja Nasional bagi lembaga DIKLAT sebagai dasar penyusunan kurikulum
  2. Tersedianya Standar Kompetensi Kerja Nasional  bagi lembaga-lembaga sertifikasi dalam menyelenggarakan sertifikasi  bagi pemandu Arung Jeram .
  3. Tersedianya pedoman bagi dunia usaha / industri, lembaga pemerintah dalam  merekrut dan mengembangkan SDM bidang Arung Jeram .

SKKNI ARUNG JERAM DOWNLOAD DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>