SKKNI bidang Kepemanduan Museum….. Silahkan di Download

british-museum1Sertifikasi Kompetensi Pariwisata | LSP Pariwisata -Salah satu asset budaya yang menjadi daya tarik wisata adalah Museum.  Museum sebagai produk budaya dan wisata yang merupakan salah satu atraksi wisata budaya untuk Pariwisata kota.  Museum tidak hanya memamerkan benda peninggalan sejarah melainkan juga sarana edukasi bagi pengunjung melalui bentuk interpretasi dan program khusus yang merefleksikan keberadaan Museum. Perkembangan Permuseuman di Indonesia dewasa ini secara fisik cukup menggembirakan, namun hal tersebut kurang diimbangi perkembangan pengetahuan dan kemampuan teknis dalam menyampaikan informasi permuseuman.  Dalam hal ini ditangani oleh  Pamong Budaya atau disebut juga Pemandu Museum.

Pemandu Museum adalah orang terdepan dalam memberikan bimbingan, penerangan dan petunjuk mengenai koleksi museum serta pelayanan lainnya.  Dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan dituntut mampu dan memahami sesuai dengan bidang tugasnya.

Berkaitan dengan uraian diatas maka terdapat kecenderungan kebutuhan tuntutan kualifikasi minimal Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang Pemandu Museum. Untuk mengantisipasi hal tersebut diatas maka perlu pembinaan Sumber Daya Manusia dibidang  Pemandu Museum agar dapat bersaing dengan negara-negara lain. Terpenuhinya pembinaan ini dapat memberika nilai tambah bagi perkembangan wisata  ke Museum.

Untuk meningkatkan profesianalisme Sumber Daya Manusia khususnya tenaga kerja di bidang Pemandu Museum,  perlu ditetapkan standar yang merupakan pernyataan ketrampilan, pengetahuan dan sikap yang diterapkan dalam rangka pemenuhan persyaratan standar dunia kerja khususnya Pemandu Museum. Berikut dapat di download standar kompetensi kerja nasional indonesia untuk kepemanduan museum.

SILAHKAN DI DOWNLOAD DISINI UNTUK SKKNI KEPEMANDUAN MUSEUM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>